Hari Ini Pukul 16.18 WIB Waktu Paling Tepat Menentukan Arah Kiblat

image
Menentukan Arah Kiblat

Hari ini akan ada fenomena alam yang cukup penting, terutama bagi kaum muslim di seluruh dunia. Pada hari ini pukul 16.18 WIB, matahari akan tepat berada di atas Ka’bah sehingga ‎seluruh bayangan benda pada jam tersebut akan tepat mengarah ke Ka’bah. Kita bisa memanfaatkannya untuk meluruskan kembali kiblat.

‎Wakil Rois Syuriah PWNU Jateng, KHM Dian Nafi, mengatakan sebagai akibat dari peredaraan semu perlintasan matahari maka setiap tahun selalu terjadi peristiwa di mana matahari tepat di atas kawasan tertentu di bumi pada jam tertentu pula.

Pada tahun ini matahari akan tepat berada di atas Ka’bah pada tanggal 28 rajab atau 28 Mei 2014 pada pukul 16.18 WIB. Hal tersebut akan terulang pada ‎16 Juli mendatang pada pukul 16.27 ‎WIB.

“Dalam tradisi muslim disebut yaumu rashdil qiblat (hari penetapan kiblat). Nanti pada pukul 16.18 WIB seluruh bayangan benda tepat mengarah ke kakbah. Biasanya akan digunakan oleh kalangan muslim, terutama muslim tradisional, untuk membenahi lagi arah kiblat masjid karena kemungkinan setiap saat ada pergeseran di bumi yang ikut menggeser kiblat yang sebelumnya telah lurus, misalnya akibat gempa bumi dan sebagainya,” papar Gus Dian.

Gus Dian mengatakan fenomena seperti itu harus dipahami sebagai salah satu metode untuk menentukan navigasi dan perhitungan-perhitungan alam.

Penetapan kiblat melalui arah matahari pada saat tertentu itu hanyalah salah satu metode, namun diyakininya penetapan arah kiblat itu akan sangat tepat karena sesuai dengan pedoman alam yaitu arah bayangan benda oleh sinar matahari yang tidak mungkin bisa dibelokkan.

Silahkan berkomentar cerdas...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s