wpid-air-laut-asin.jpg

Ide Tol Laut Jadi Tertawaan Pakar Maritim

image

“Siapapun yang menyusun konsep maritim si Jokowi-JK …saya tantang debat publik, kita adu argumen dan gagasan! jangan bodohi rakyat dengan konsep abal-abal.”

Tulisan itu terbentang di lini masa akun Twitter ‏@ypaonganan, milik pakar kemaritiman Y. Paonganan. Paonganan gusar dengan konsep “tol laut” yang didengungkan calon presiden dari PDIP, Joko Widodo.


Menurut Paonganan, ide tol laut ala Jokowi tidak masuk akal. “Ide tol laut si Jokowi tidak masuk akal…emang lautan NKRI seluas waduk Ria Rio Mas Jok? Jok…sebelum pikirkan tol laut, masih banyak tahap-tahap yang harus dilakukan, dan itu butuh lebih dari 5 periode presiden,” tulis ‏@ypaonganan.

Jokowi sempat mengungkapkan ide untuk membangun infrastruktur kelautan yang menghubungkan Sumatera hingga Papua. Ide Jokowi yang disebut sebagai “tol laut” adalah pengoperasian kapal besar yang setiap hari berkeliling di pelabuhan-pelabuhan laut dalam atau deep sea port.

“Tol laut itu bukan jalan, artinya ada deep sea port. Ada pelabuhan dalam di Sumatera, di Jawa, di Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Kemudian ada kapal besar yang setiap hari mondar-mandir, sehingga harga di semua pulau ini sama,” papar Jokowi, usai Rakornas Tim Pengendalian Inflasi Daerah di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (21/05).

138 thoughts on “Ide Tol Laut Jadi Tertawaan Pakar Maritim”

    1. ternyata masah banyak anak2 put dan tk yg hebat berkomentar tp saya salut komentarnya, walau masih anak paut dan tk berani menilai yg diluar jangkauannya, ana2 ku yang masih ingusan tolong di pahami ya, infrastuktur tol laut yang dimaksutkan Jokowi bukan mau bangun jembatan layang di laut, tp industri perkapalan, yang inprastruktunya pelabuhan2 untuk kapal2 besar yg akan menghubungkan barat, tengah dan timur indonesia, jd jalan tol itu jalur, lintasan yang akan dilalui oleh banyak angkutan, jd konotasi tol itu banyak lo anak2. utk sementara itu dulu pelajaran hari ini, nanti dirumah belajar ya anak2

      Suka

      1. Dan saya selama 35thn golput selama pemilu…baru skrg ni dgn adanya pa jokowi bismillahirohmanirohim akan memilih beliau..perkara pa jokowi menang atau tdk itu takdir dr Alloh swt
        kewajiban saya hanya ingin membantu org baik dn amanah seperti jokowi terpilih menjadi pemimpin pemerintahan dgn tdk golput lagi (insyaalloh bila Alloh swt memanjangkan umur saya..amin ya robbal alamin)
        Saya hanya melihat beliau tulus bekerja dn pro rakyat dn beliau bergerak cepat.

        Suka

      2. eMANGNYA DANA NENEK MOYANG JOKOWI UNTUK MEMBUAT TOIL LAUT INGAT PENGIRIMAN BARANG HARUS DILIHAT DR UNTUNG RUGINYA PENGIRIMAN TSB KALAu BEBAN PENGIRIMAN LEBIH BANYAK MAKa barang akan harganya tinggi…sama aja dg tidak membuat tol laut….A

        Suka

  1. Kalau memang perlu lebih dari 5 periode presiden, biarkan dia mulai dari skrg…
    Banyak mimpi yang ditertawakan orang, justru menjadi sesuatu yang luar biasa…
    Wait and see, siapa nanti yg tertawa

    Suka

    1. emannya duit jatuh dr langit itu hanya omong besar…jadi udah jelas kata2 adian itu utk jokowi….ingat hutang indonesia samapai saat ini 3000T

      Suka

  2. Di Sinilah Indonesia Sulit Untuk maju, Karna tdk Punya Optimistik, Dan Layu Sebelum Berkembang, atau Menyerah Sebelum Perang,, JKW Sudah memperhitungkan Itu Semua,,, Saya Yakin 1000 %, JKW Bisa Membuat Sesuatu Yang Tdk masuk Akal menurut Pemilik Blog Nheee, Menjadi Sesuatu yang Mudah untuk Dikerjakan,,,

    Suka

  3. Tinggal beli kapal saja untuk angkutan barang, kenapa harus nunggu 5 periode presiden? Ini ahli kok sombong betul ya…..

    Suka

    1. Justru krn dia paham dgn maritim makanya bicara spt itu. Org sombong tp menguasai hal yg disombongkannya (?) itu jauh lbh baik ketimbang seorang yg tak tau apa2 bicara seolah2 dialah pakarnya.

      Suka

      1. Masawep…jokowi punya tim kali…emang jokowi berpikir sndri? Jokowi walau tdk tau apa apa tp dia belajar walau bukan bidangnya?itulah sikap muslim dn negarawan yg bagus haus ilmu terus belajar dn belajar…mmg prabowo mau nyapres dn pimpin pemerintahan ga tau arti TPID khan itu istilah pemerintahan yg umum di pakai bukan singkatan alay …sejak 2009 iklan dn orasi nyapres belajar apa saja?

        Suka

      2. Cie cie…. Mental bupatinya keluar. Bener kan jawaban Presiden Prabowo. Itu ada yg urus. Pemerintah Daerahnya. Yg bener aja, masak TPID diurusin presiden? Presiden ngurus kebijakan moneter global. Masak sih Jokowow ga dikasih tau ttg kebijakan moneter? Kacau nih tim ekonomnya. Niat jebak, malah terdesak.

        Suka

      3. Hallo …mas justru pa jokowi minta peran pemerintah pusat untuk mengatasi inflasi?trus prabowo jwbnya malah melimpahkan ke kepala daerah msg msg,jd mana peran pusatnya?jd siapa yg terjebak nih mas…”jd pengen tersenyum simpul gw”….intinya prabowo ga tau apa artinya jd cm bs menjawab asal saja dihubungkan dgn arti dr singkatan TPID yg dijelaskan pa jokowi…kalo ga dijelaskan sama pa jokowi pasti prabowo akan ga nyambung jawabnya…bagaimana prabowo mau memberikan solusi bila tdk tau artinya…hadoh hadoh….

        Suka

      1. Management tukang sate…pimpin sendiri, tusuk sendiri, bakar sendiri, nyuguhi sendiri, ngawasi sendiri, transaksi sendiri….hadeuuh…Gempor deh….

        Suka

  4. Pa mksdnya pa jokowi pelabuhannya dibangun yg deket deket pa…ga dr jkrt melaut menuju papua…kordinasi antar propinsi yg wilayahnya deketan….bapak jgn makan mentah mentah luas lautnya dunk….payah ni yg mau jatuhin jokowi gagal mulu

    Suka

  5. Emang pa jokowi gila kyk yg bilang bocor bocor kemarin…pa jokowi kasih ide yang jenius pasti dah dikonsultasikan dgn pakar dan ahlinya ga asal koar….

    Bener apa kata simpatisan gerindra yg memilih jokowi…dia blg jokowi telah melakukan hal yg kecil disaat yg lain bermimpi besar…

    waduk ria rio yg bapak blg diatas cuma waduk pun selama 30 tahun di duduki pemukim liar skrg liat hasilnya semua bs diselesaikan…
    jokowi sdkit bicara byk kerjanya sdgkan anda hanya bs tertawa…sbgi pakar maritim ide apa yg anda lakukan untuk menolong rakyat banyak.
    mungkin anda hanya bisa menghitung luas laut saja….

    Suka

    1. Yg bilang Jokowi gila sapa? Nyantai aja jeng….
      Kl bilang kebocoran 7200T itu gila, ya monggo bilang Abraham Samad itu gila. Tp tim pakar Prabowo hitung 1000T.
      Jokowi sudah berbuat, ga ada yg bantah. Tp berbuat dgn mengkonsep itu BEDA lhoo… Kita ga butuh manajer, kita butuh PRESIDEN. Ahh… Kau pun masih bingung beda manajer dgn presiden ya?

      Suka

      1. Atas dasar apa visi misi atau konsep dr jokowi hanya sebatas manager?
        coba saya pengen tau konkritnya apa?pgn tau jangkauan manager mnrt elo gmn?
        jd biar nyambung pemikirannya..
        kasian khan kl gw nerangin panjang panjang tp ruang lingkup manager yg elo pikir lain

        Suka

      2. Tuh yg elo blg gw bahas ga nyambung kamu yg bahas lebih jauh khan?…..pdhal gw cm blg slogan bocor bocor doang

        Suka

      3. Sekarang jangan ngomong berapa nilai nominalnya deh khan prabowo jg msh kira kira blg 1000 trilyun tp tanyakan coba kamu tanya pd diri sndri siapa yg memegang perekonomian saat itu kalo bukan cawapresnya prabowo sndri alias hatta…kerjanya hatta sbg
        mentri perekonomian apa selama ni sampe ada kebocoran 1000 trilyun yg prabowo blg itu…kerjanya tidur ya?makin mantep za gw pilih jokowi jk…prabowo hatta kelaut za ya…coba elo bantu jwb pertanyaan gw buat hatta?

        Suka

      4. Saya kira ok2 saja angka 7000 T dr samad dan 1ooo T dari prabowo, krn yg mereka katakan bukan kebocoran APBN krn Apbn kan cuma 1600 T, tapi potensi GDP yg bisa di capai atau di naikan , yaitu dari potensi pajak dan potensi SDA yg ada di indonesia. Saat ini tax ratio indonesia baru 12 % sedangkan negara tetangga sdh 17 %. Pakar2 mengatakan seharus nya tax ratio indonesia 20 % ( see : http://www.bppk.depkeu.go.id/webpajak/index.php/artikel/146-opini/1492-quo-vadis-tax-ratio-indonesia. )
        Thn ini rencana gdp ( product domestic ) adl 5300 T, bila tax ratio 12% berarti x 5300 T = 636 T penghasilan pajak. Dg PDP yg sama ratio pajak bisa di naikan misal nya 20 % maka ada tambahan penghasilan negara 8 % = 0.08 x 5300 = 424 T, bagai mana cara menaikan tax , tutup kebocoran pajak spt yg di lakukan gayus, naikan royalty freeport dari 1 % ke 3 % ( tambang bb saja 3 pct, masa freefort 1 % ).
        Cara lain naikan GDP misal dari aspek pertanian, agro bisnis, industri perikanan, industri otomotive, industri sepeda motor, kapal terbang dll.
        Kalau sekarang GDP indonesia tergantung hasil tambang… Jadi menurut saya apa yg di impi kan prabowo masuk akal mau 2000 T pun bisa di dapat, tapi sdh pasti langkah awal nya bangun infrastructur jalan dan pelabuhan, energy panas bumi , juga perluasan daerah pertumbuhan ke luar jawa.
        Bagi yg berpikir ide prabowo sangat bagus, justru itulah langkah2 untuk membawa indonesia menjadi negara maju, kalau pemimpin hanya mikir2 pertumbuhan2 kecil spt 5-7 % sekali kena badai krisis ekonomi indonesia amblas lagi.
        Indonesia memang membutuh kan org yg berani berpikir besar.

        Suka

      5. Waw… Benar2 komentar paling berkualitas. Dgn data & fakta jelas, ga umbar emosi krn jagoannya diserempet.
        Terimakasih utk pengetahuannya mas/mbak.

        Suka

  6. Semua orang wajib bermimpi kalau ingin ada perubahan. Tidak ada yang salah orang yang bermimpi. Ada masalah besar adanya perbedaan harga barang antar pulau yang menghantui indonesia yang perlu dipikirkan calon pemimpin Indonesia. Ide penggunaan kapal-kapal besar untuk distribusi barang dan orang adalah sebuah gagasan untuk solusi adanya kebutuhan itu. Kalau tingkat aplikasinya ya tinggal dikaji orang-orang yang berkompeten. kata kuncinya, jika anda sebagai ahli harusnya mendengarkan mimpi rakyat dan mengarahkan bukan mematahkan orang bermimpi. Semua orang boleh bermimpi di era demokrasi ini. Janganlah sesuatu diukur dari hasil jangka pendek, jika perlu 10 orang masa presiden juga tidak apa-apa apabila yang dilakukan dapat menjadi dasar dari masa-masa selanjutnya. Ingat surabaya bisa menjadi bersih dan hijau seperti sekarang karena ide seorang walikota yang bernama Purnomokasidi yang diteruskan oleh 3 walikota selanjutnya.

    Suka

    1. Mimpi bila diimplementasikan dgn nyata its ok ga hanya mimpi mimpi di iklan bertahun tahun dn orasi orasi…action langsung ga harus moment nyapres za…..itu mksd dr ketua gerindra yg berubah haluan mendukung jokowi…”jokowi sudah berbuat hal kecil disaat yg lain hanya bermimpi besar”

      Suka

    2. Saya setuju bila anda bilang sesuatu planning tdk untuk berjangka pendek.justru jokowi mendobrak dn sebagai pioneer melawan birokrasi yg buruk dgn revolusi mental disegala bidang..ni akan menjadi dasar penyelesaian semua masalah di indonesia dn ini akan bersifat jangka panjang dn akan di implementasikan selamanya..sygnya niat jokowi ni banyak yg menjegal krn mrka merasa kehidupan nyaman mrk akan terusik….

      Suka

      1. Trus IQ 152 standarnya apa dunk ?…
        kalo prabowo IQnya cerdas saat debat jangan tanya apa singkatan ke lawan debatnya maluuu…
        kalo istilah sederhana saja ga tau ya jangan ngaku IQ 152 dunk….yg jujur za lebih baik..jd.kalo ga tau sesuatu khan ga malu malu banget…malunya dikit za

        Suka

      1. Jokowi sendiri salah menjelaskan TPID, seharusnya TP2ID (Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah). Mengenai ekonomi kreatif itu kan sudah jalan sejak 2004. Kalau pernyataan Prabowo dan menyalami Jokowi, itu bentuk contoh sopan santun berdebat biar gak kaku, dan Prabowo mengulas sedikit tentang ekonomi kreatif itu? dan menyatakan dia menjelaskan lagi kalau putranya satu2nya bergerak di bidang ekonomi kreatif di Paris. Mengenai Tol laut, penjelasannya tidak tepat, kalimat TOL pajak/bea untuk memasuki jalan tertentu, jadi tol laut yang bagaimana?. Begitu juga “Revolusi Mental”. Kenapa waktu Debat Capres Jokowi tidak berani memaparkan revolusi mental itu? Bagaimana dengan mental para relawan dalam penggalangan dana turun di jalanan, kenapa tidak dilarang? Dalam debat Jokowi sibuk dengan contekan-contekannya sehingga tidak fokus. Apalagi pada setiap Kampanye di daerah selalu tunjuk kartu sehat yang katanya beda dengan kartu BPJS, dan kartu indonesia pintar untuk pendidikan? Bagaimana dengan wajib sekolah 9-12 tahun yang bebas biaya yang sudah dijalankan selama ini?

        Suka

  7. Masawep anda tau persis siapa org org yg ingin menjatuhkan jokowi dgn memberikan opini yg menjatuhkan tanpa objektivitas dn tanpa di cerna bahkan sering cerita,isu,data yg sbnrnya sering di putar balikan…
    dan sepertinya anda salah satu yg ingin menyebarkan dgn tujuan mengecilkan seorang jokowi dan anda tertawa dgn ide tol laut ni…akui saja jgn malu malu..jgn seperti prabowo yg di panggung nyalamin pa jokowi euh di belakang panggung prabowo nolak saat pa jokowi mau cipika cipiki prabowo untung ketahuan kamera jd keliatan khan sifat aslinya kl prabowo ga tulus…liat za di youtube siapa tau kmu sadar

    Suka

    1. Yg menilai ide tol laut bukan saya. Seorang pakar maritim. Saya bkn pakar maritim. Saya ga bilang apa2, saya hanya tulis apa yg org bilang.
      Kl kamu merasa pakar maritim, monggo dibantah.

      Suka

      1. Oi sapa blg kamu pakar maritim …baca yg bener dunk…
        gw nanggepin pakar maritim yg elo ksh artikelnya siapa tau dia baca dgn elo share artikelnya disini….
        Gw ngerti kali …kalo elo ngeshare doang …trus knp elo menilai gw pakar maritim?kalo cerdas bs menilai dunk gw rakyat biasa yg jg punya penilaian dn gw cm menjelaskan sedikit apa mksd ide dr jokowi ttg tol laut sapa tau ada yg ga ngerti dn tertawa…

        Suka

      2. Seorang yg bercita cita jadi pemimpin memang harus punya gagasan untuk mengelola Negara. baik itu Jokowi maopun Prabowo, Sementara dinegri ini kadang banyak sekali orang yang sok pakar dan dipakarkan, padahal kemampuan nya yaaa….hanya omdo.
        Padahal dalam hal ini sebagai umat beragama mestinya kita harus sadar, bahwa tuhan menciptakan manusia lengkap dengan kelebihan dan kekurangan nya…….
        contoh mendasar, banyak hal yang saya tidak terpikir ternyata oleh orang lain kepikiran , dan oleh saya tidak bisa oleh orang lain bisa begitu juga sebaliknya.
        Demikian juga orang yang dikatagorikan pakar atau ahli dll…..sehingga tidak jarang para pakar yang sama akan berbeda pandangan dan pendapat nya.
        kesimpulannya jangan pernah menganggap sepele terhadap pemikiran orang lain jika kita sendiri tidak mampu.!!!!!!!

        Suka

      1. Anda kali yg bahas duluan masalah kebocoran trilyunan baca deh baik baik …gw cm blg ga kyk prabowo yg bicara bocor bocor tanpa ada pembuktiannya…
        maka saya ksh link nya bantahan dr KPK langsung

        Suka

    1. Biasain diskusi itu fokus yah… Ga ngalur-ngidul ga tentu arah. 7.200T itu yg ngomong Abraham Samad, ketua KPK. Mungkin eyang Kalla kenal.
      Prabowo sendiri hanya mengakui 1.000T sesuai hitungan ekonom di tim beliau.

      Suka

    2. Gw fokus malah saking fokusnya ngelayanin pernyataan yg ga fokus satu persatu…

      elo liat za lagi debat full capresnya yg blg bocor bocor itu ga ada asap kalo ga ada api..drmn media media itu membicarakan ttg debat bocor yg lg heboh kalo ga dr mulut prabowo sndri…

      Suka

    3. Kayaknya Jusuf Kala memlintir ucapan Prabowo deh. di Kompas.com Prabowo gak nyebut APBN bocor 1.000 triliun. jadi salah tafsir. Baca teks pengantar Prabowo dalam debat Capresnya. Yang dimaksud bocor 1.000 triliun itu “POTENSI PENERIMAAN NEGARA YANG HILANG (bukan kebocoran anggaran). JOKOWI-JK kenapa tidak tanya saat debat itu? malah teriak-teriak suruh tanya ke Hatta segala? Jadi kita harus cerdas ya. JADI SIAPA YANG PURA-PURA BODOH? kita jangan mau dibodoh-bodohin JOKOWI -JK.

      Suka

  8. Indonesia adalah negara kepulauan, negara maritim, tetapi selama sekian puluh tahun pemimpinnya hanya berpikir bhw laut adalah hambatan, dan bagaimana caranya utk menjadikan laut sebagsi daratan. Ide ini bukan hal yg baru, sudah didengungkan sejak lama, idenya adalah menjadikan laut yg 2/3 luas Indonesia sbg suatu keuntungan, utk itu infrastrukturnya harus dipenuhi.

    Deep sea port dgn kapal2 besar yg bersileweran, bagi orang biasa merup suatu hal yg aneh, bagi yg paham maritim, lebih aneh lg karena pengiriman dari luar jawa ke jawa masih minim. Kalau yg berpikir pengiriman barang harus sesuai jenis kapal, tentu kalian tahu bhw kapal dgn jenis spesifik tdk bisa kita jadikan patokan, misalnya kapal cargo tanker, kalau dikirim dari jawa ke sulawesi, balik lg ke jawa pasti kapal tersebut kosong. Tetapi kalau menggunakan kontainer, misal dari ntt yg penuh dgn sapi, tdk perlu mrngirim sapi hidup, tapi dgn pemotongan hewan yg diawasi ahlinya di ntt, kemudian mengirim daging ke jakarta dan kemudian mengirim kembali ke ntt, katakanlah sayur2an, hal ini adalah penghematan yg dahsyat.

    Pelindo pernah mencoba hal ini dgn Pendulum Nusantara, tapi apa daya dukungan eksekutif yg minim, shg mereka tdk dpt memaksa ide ini ke daerah2 dan keperluan dana utk membangun infrastruktur yg mustinya kewajiban pemerintah diserahksn kpd investor2 yg tentu struktur berpikirnya adalah profit.

    Suka

    1. Intinya tinggal di diskusikan dn disediakan infrastrukturnya dn dimanage cara dn brg apa saja yg bs dikirim dr satu propinsi ke propinsi lain….dn jokowi tdk hanya wacana saja…

      Suka

      1. Iya ya…. Saya setuju. Mdh2an nanti setelah Prabowo dilantik ide Tol Laut akan dikonsep, disurvey, diteliti lbh cermat biar berjalan realistis & efektif.

        Suka

      2. hhe mba indah jalan penghubung jawa sumatera saja belum jadi masih di angan2 belum ada pengusaha yg berani invest karena resiko perairan kita tidak seperti di luar negeri keadaannya. cita2 ini sudah dari jaman orde baru mba tapi belum diimplementasikan karena resikonya banyak, kalo bekerja tapi ga ada hasil sama aja bohong dong mba? hanya buang uang aja, sayang khan uangnya. mimpi boleh tapi jangan mimpi terus mba,, bangun hadapi kenyataan😀

        Suka

      3. Ssettt….. Udeh dh jgn berani2an nyela. Biarin aja dia merepet. Dr tadi kulayani malah makin ga jelas. Diem salah, dibantah salah, di-iyain punsalah.
        Jd bingung sendiri.

        Suka

    2. Hahahah ide tol laut yang kamu tertawain mau prabowo lanjutin…hahahaha….
      dah biasa sih kalo prabowo jiplak terus ide jokowi….minta sumbangan yg di kritik kritik euh di ikutin juga…maluuuuuu
      Kena batunya deh luh ….elo jgn mencla mencle dunk kalo punya keyakinan dn pendirian ttg sesuatu hal hrs dipegang teguh…

      Suka

    3. Shelly pa jokowi py gagasan tuk jangka panjang elo pesimis..kalo menurut elo itu gagasan dari dulu emang masalahnya kyk gt dr dulu sll jd wacana khan mmg byk proyek besar cm rencana rencana kyk MRT dn tdk di action…di era jokowi semua berani dilaksakan walau ga mungkin…kalo yg di blg elo ada jalan ke sumatra byk yg belum jadi ya justru itu banyak uang yg dikorupsi dn pejabat kerjanya cm duduk duduk za makanya pa jokowi mau memberikan revolusi mental para pejabat birokrasi biar mau kerja keras
      kamu sama si pemilik blog ni ya ga suka jokowi jd semua ide jokowi pasti cm dipandang sebelah mata dn pesimis

      Suka

      1. ternyata begini yah karakter jokowi lover,panasan B aja mbak hoho .sekeddar informasi untuk pembangunan JSS aja sampai skrg belum terealisasi krna pembangunnnya harus nyari investor tidak bisa mengandalkan uang APBN sendiri mba’e.masawep jokowi itu selalu bilang revolusi mental tapi mental diri sendirinya pun masih perlu revolusi sepertinya.1. sifat tidak amanah, 2.ringan dalam berbicara. jokowi itu bagus tapi bagus untuk memimpin provinsi saja rasanya

        Suka

      1. Hahaha…. Emang saya ada larang? Kl saya mau bisa kok saya blokir moncong nyinyir kau itu. Tp kubiarin, biar pembaca yg lain jd ngerti spt inilah mental para pendukung jokowi. Hehe… Bawa santai aja njeng…

        Suka

    1. Takut ya debat dgn anonim…punya pengalaman menakutkan ya dgn anonim
      Apalgi lawan anonimnya perempuan…
      Apalgi anonimnya pilih jokowi jk kamu tambah panas dunk….ya selamat menyesali kebodohan anda deh ya …mentertawakan ide
      Tol laut tp dlm pikiran kamu itu tol laut kayak jalan aspal yg di bikin di laut….

      Suka

  9. Dlm beberapa kesempatan saya terjebak berdebat dengan pola yang sama: PEREMPUAN, TENGAH BAYA (30an ke atas gitu deh), IBU RUMAH TANGGA, & BIASANYA NGAKU BERJILBAB.
    Satu aja yg blm terpenuhi oleh sosok seorang INDAH, dia blm bilang pake jilbab aja.
    Dan kebanyakan: ANONIM.

    Suka

    1. Knp rupanya kalo saya paruh baya dn ibu rumah tangga apa yang salah?cuma laki laki yg merasa benar?anda mengshare ni artikle khan untuk di baca semua org kecuali anda tulis dgn huruf besar perempuan paruh baya dilarang komentar dgn artikel yg kamu shared…
      Saya anonim krn mempunyai alasan sndri
      tapi yg jelas saya bukan robot yg bs menjawab pernyataan ga berbobot anda
      bila saya berjilbab dn tdk apa urusan anda?apa saya harus laporan juga pada anda?…
      jangan sok kepinteran deh yah…

      Suka

      1. Ga ada yg salah. Masalahnya boss, saya sama sekali ga bisa mengklarifikasi identitas kamu! Identitas saya? Silahkan ditrace, bio saya lengkap, komplit. Bahkan prnh saya komen di satu posting saya dgn menyertakan n KTP. Jd bukan masalah perempuannya Boss. Tp ketidakbisaan saya mengklarifikasi status kamu.

        Suka

    2. Anda tdk bermasalah dgn perempuan …knp anda menulis perempuan dgn huruf kapital dn anda mengkonotasikan masalah jilbab ?
      Ttg ID hak saya untuk tdk membeberkan dpn umum …saya tdk suka pajang pajang identitas …yang jelas saya berkomentar atas pribadi saya bukan atas kepentingan org lain..kalo kamu kecewa tdk dpt identitas saya itu masalah buat lo mas….

      Suka

      1. Ibu Indah yg terhormat.
        Saya punya bukti screenshot perintah dr Deedee Kartika komandan Jasmev kpd panasbung agar menggunakan identitas yg humanis, sbb:
        – WANITA
        – MUSLIMAH
        – BERKERUDUNG
        – PARUH BAYA
        – IBU RUMAH TANGGA.

        Kenapa? Pake aja logika….

        Suka

  10. para pakar maritim yang tolol pola pikirnya terbelakang kalau menertawain ide jkw jangan sok tau buktikan keahlian maritim nya kalau pakar2 maritim pintar – banyak kebocoran2 finansial yang terjadi di laut kalau masyarakat kita nggak pernah ada pengetahuan tentang sosial laut, contohnya solar kalau sudah ngambang di laut bisa jutaan ton dibuat menguap, kalau masalah teknis konstruksi pelabuahan, kapal dan infrastruktur bisa dibuat dan dihitung – kalau berpikir nggak mungkin itu namanya kemunduran, hati2 kita dibikin bodoh sama pakar maritim agar mereka leluasa mengeruk harta negara tanpa pengawasan dilaut, krn dgn adanya tol laut ruang gerak makin sempit

    Suka

  11. Knp rupanya kalo saya paruh baya dn ibu rumah tangga apa yang salah?cuma laki laki yg merasa benar?anda mengshare ni artikle khan untuk di baca semua org kecuali anda tulis dgn huruf besar perempuan paruh baya dilarang komentar dgn artikel yg kamu shared…
    Saya anonim krn mempunyai alasan sndri
    tapi yg jelas saya bukan robot yg bs menjawab pernyataan ga berbobot anda
    bila saya berjilbab dn tdk apa urusan anda?apa saya harus laporan juga pada anda?…
    jangan sok kepinteran deh yah…

    Suka

  12. Indah sm masawep seru amat komentarnya. Masawep pemilih rasional, indah pemilih emosional. Klo jokowi presiden indah bakal jd jubir. Kalo prabowo presiden masawep bakal jd jubir. Prabowo sm jokowi aja ga sgtu2nya ribut komentarnya. Awas ntar pd gila

    Suka

    1. Mamen ko tau si kalo gw drtd senyum senyum sndri sama pernyataan2 masawep…masawep harus sportive menerima tanggapan dn jwbn org lain walau dr seorang anonim ataupun perempuan
      ya resiko dia dunk ngeshare dimuka umum alias media sosial kecuali dia shared di toilet rumah sndri ga ada yg tau…
      mamen maav ya ni hak saya berbicara dn ni salah satu cara berdemokrasi ga boleh dunk anda mengintimidasi untuk diam
      bila yg punya blog ni tdk menerima pernyataan2 dn jwbn jwbn saya ya hak dia dn itu mslh buat dia sndri siapa suruh ngeshared di media sosial…saya cuma.menanggapi…

      Suka

  13. Jokowi kmren tu debatny ga mngusai prmslhn. Sy suka jokowi. Tpi wawsan beliau tu blm wawasan nasional. Msih kedaerahan. Tu harusnya debat dg ridwan kamil bkn prabowo. Jokowi maparin ekonomi mikro. Presiden tu bcaranya ekonomi makro. Mangny klo jd pres, jokowi kerjanya blusukan trus apa. Trus ap fungsi kpala daerah. Jokowi dg wawasan bgtu blm pantes mmpin indonesia. Jakarta dlu deh benahin. Cuma hobi k pasar jd modal nyapres. Ndah…loe jg mikir lah pake otak…ni presiden bkn jbtan maen2…pndduk indonesia brtmpu pd kbjakan presiden. Loe kan ibu rnh tangga…dah urus dapur…bis tu bobo yaaa…klo month dtmnin blg2 yaa…heheheh…

    Suka

    1. Mamen jgn anggap remeh ibu rumah tangga ya..gw jg berkarir…owh ya men pikiran kamu jgn sempit
      1.bukan hanya jakarta yg butuh tangan jokowi
      2.untuk melakukan hal yg besar hal kecil dahulu harus di selesaikan kalo hal kecil sdh bs dilakukan barulah si pemimpin bicara hal yg lebih besar KNP?
      rasionalnya…bgimn bs pemimpin bicara hal yg besar tp hal kecil tdk bs diselesaikan
      3.blusukan yg anda tau cuma jalan jalan ya
      Dgn blusukan jokowi tau apa yg dimau rakyat tdk dr laporan stafnya asal bos senang
      contoh kecil hasil blusukan waduk ria rio selama kepemimpinan foke apa hasilnya?tanah negara di kuasai rakyat yg illegal
      itu krn foke tdk turun ke bawah alias blusukan…contoh lain PKL tanah abang yg tadi byk mafia dn merugikan hak pejalan kaki akhirnya bs dipindah scra damai hanya org org yg tdk punya hati saja kalo kesuksesan hasil blusukan ni hanya pencitraan
      yang gw liat jokowi memberikan pendidikan bahwa penyelesaian masalah tdk hanya di belakang kursi…liat langsung kesengsaraan rakyat dn permasalahan rakyat

      Suka

      1. MASAWEP:bukan krna itu juga tapi memng faktanya kaya gitu gak usah saya kasih link sumber beritanya,kalo masih pada mau mengingat rasa2nya kmrn2 sering diberitakan berapa rumah sakit yang mau berobat tapi dipersulit? berapa banyak rs yg menolak u/ ikut program jakarta sehat? bukan satu atau dua khan?. jakarta pintar, faktanya tidak tepat sasaran. coba deh inget2 lagi,kalo sering nonton tv pasti inget deh🙂

        Suka

    1. Ga yakin saya mbak. Itu pasti berita bohong. Gub DKI ga mungkin salah apalagi gagal. Mbak lupa kl Jokowow itu nabi, utusan tuhan, nerima wahyu, & banyak mukjizatnya. Dia juru selamat lho….

      Suka

      1. Ah itu perasaan elo dn temen temen elo aza kali jokowi TUHAN dan NABI

        jangan suka mengkafirkan orang bung dosa…masa manusia dusamakan TUHAN DN NABI

        kalo asbun pake otak dunk

        gw si bisa bedain TUHAN SAMA MANUSIA

        Suka

    1. Ah ga juga saya salah satu penerima kjp dn keluarga saya juga jd lebih mudah berobat kalo dulu khan bikin SKTM za dipersulit skrg cm dgn kartu kk dn ktp dah bs dpt kjs dgn mudah dn tdk bayar

      mbak maklum sesuatu hal yang baru itu banyak kekurangannya hanya perlu evaluasi
      mbak jangan mendikte krn ada beberapa ada kekurangan trus jd program gagal…perlu waktu untuk menyesuaikan sebuah program yg berskala besar….
      mbak kalo mau bukti lihat dr sehari hari saja jgn liat dr berita
      saya dn keluarga dn temen ga ada tuh masalah ..

      Suka

      1. Kaloupun ada masalah itu hanya permainan oknum saja
        optimis ya mbak ….dukung bila sesuatu itu untuk kepentingan org banyak jangan di cela dn di cemooh..ok mbak?
        Owh ya lebih banyak menyaring berita mbak jgn dimakan mentah mentah kalo bs klarifikasi sndiri mbak

        ok mbak lanjutin za ya sama yg punya blog ni biar tambah akrab dn lebih terbuka wawasannya

        Suka

  14. ****NB akhir kesimpulan****
    Haha kayaknya lain cerita bila tol laut ni digagas sama prabowo….koment para pakar sm pemilik blog ni yg tdnya mencibir dn mentertawakan pasti akan menyanjungnya dn memujinya setinggi langit.
    hidup harus optimis bung….

    salam dua jari

    Suka

  15. Tidak salah saya rasa ide pak Jokowi soal TOL LAUT,daripada diriin pabrik..klo ternyata tak menguntungkan masyarakat setempat,contoh aja hampir tiap daerah di negeri ini ada kebun sawit…tapi kenyataannya minyak goreng tetap selangit….

    Suka

  16. Tol diartikan sebagai bebas hambatan. Tol laut adalah jalan angkutan pelayaran yang bebas hambatan segala hal yang menyangkut peraturan dan regulasi, perizinan, SDM pelabuhan, peralatan pelabuhan dan keluar-masuk barang dan manusia di pelabuhan.
    Jadi Tol Laut diartikan semua aktivitas cepat, terpadu dan terjamin keamanannya.

    Misalnya ada Tol Kelautan Logistik, diartikan angkutan logistic masuk dan keluar pelabuhan dapat berjalan cepat sampai tujuan tanpa hambatan. Kelancaran tersebut dapat memperkecil biaya dan waktu serta menghilangkan biaya siluman atau pungutan liar.
    Ada Tol Jasa Pertambangan dan Energi. Diartikan sebagai Jasa pelayanan angkutan pelayaran hasil tambang yg membawa bahan baku energy di pelabuhan dengan cepat dan aman sampai tujuan

    Pelabuhan adalah kota dipinggi daratan dan juga dipinggil laut. Pelabuhan diartikan sebagai pintu masuk darat atau pintumasuk kelaut untuk berlayat lebih jauh menuju pelabuhan di pulau lain.
    Untuk mempercepat angkutan dari pelabuhan satu ke pelabuhan lain diperlukan jalan laut yang cepat. Untuk memperbesar daya angkut baik barang maupun manusia diperlukan angkutan laut yang besar, cepat dan aman.
    Kecepatan angkutan laut juga harus dibarengin dengan jasa pelayanan di pelabuhan. Jasa pelayanan percepatan barang dan manusia terkait dengan Undang-undan dan peraturan pengelolaan pelabuhan, sarana dan prasarana di pelabuhan dan sekitarnya, sisten pelayanan masuk dan keluar pelabuhan yang terintregrasi, design palabuhan yang memungkinkan terciptanya proses pelayaran yang cepat, Sumber Daya Manusia yang handal dan professional, peralatan pelabuhan yang handal dan tepat, keamanan pelabuhan yang menjamin pada barang dan manusia, dan penyelamatan manusia serta barang yang cepat jika terjadi kecalakaan yang tidak diinginkan.

    Itu semua yang kita sebut sebagai TOL LAUT.

    Suka

    1. Masak seorang pakar maritim ga paham sih definisi Tol Laut berikut? Sepertinya dia paham, tp dia jg tau ada hal2 yg mustahil. Dan dia pun pertanyakan ide itu.

      Suka

  17. NKRI ” NEGARA MARITIM YG LUAS WILAYAH PERAIRAN LAUT & GARIS PANTAI NO.2 DI DUNIA SETELAH NEGARA KANADA ” TAPI SAYANGNYA ” ARMADA LAUT / KAPAL2 BESAR UTK ANGKUT BARANG & MINYAK & GAS & DLL TDK ADA ( BISA PT.PAL BUAT DI NKRI DGN PAKAI PERALATAN CANGGIH DARI LUAR NEGRI SERTA KERJASAMA SALING MENGUNTUNGKAN TANPA DI KORUPSI LAGI LHO ) + KAPAL PATROLI LAUT & UDARA DARI TNI AL ( JUGA MARINIR HRS MILIKI KAPAL PENDARAT AMPHIBI UTK ISI 20 ORANG YG BISA CAPAI KEDALAMAN AIR MIN 6 METER LENGKAP DGN MESIN YG CEPAT SERTA PERSENJATAANNYA MILIK MARINIR USA NATION YG DIBUAT DI TIMUR JERMAN = STANDAR MARINIR DI UNI EROPAH & KANADA & AUSTRALIA , YG BUAT NEGARA CINA & RUSIA & KOREA UTARA KAGET LIHAT AKSI KAPAL PENDARAT AMPHIBI MARINIR USA DATANG DARI HAWAI PANGKALAN ARMADA AL USA NATION KE 7 TUJU KE NEGARA SINGAPURA LHO , TERMASUK MARINIR USA = UNI EROPAH = KANADA = AUSTRALIA MILIKI KAPAL PATROLI UDARA ALIAS PATROLI MARITIM TERSENDIRI BEDA DGN AL NYA LHO ) DI WILAYAH PERAIRAN LAUT NKRI SANGAT MINIM ( JUGA POLISI HRS LALUKAN PATROLI LAUT & UDARA SEBAGAI APARAT PENEGAK HUKUM DI NKRI SERTA LAKUKAN KERJASAMA DGN TNI AL , INI JIKA DI USA NATION = UNI EROPAH = KANADA & AUSTRALIA LHO ) HINGGA SERING TERJADI ” PENCURIAN IKAN SERTA PENYELUNDUPPAN JUGA MAFIA & TERORIS & DLL KE WILAYAH PERAIRAN LAUT NKRI ” JUGA HRS DIBANGUN JUGA TNI AU UTK DAMPINGI TNI AL JIKA KITA MAU KEMBALI BANGUN NKRI NEGARA MARITIM LHO ! TAPI INI IDE BUDI SIFATNYA TERBUKA TDK MEMAKSA SERTA HRS DI ANALISA DALAM SEBELUM DI BUAT KEPUTUSAN LHO ! OK , THANK’S !

    Suka

  18. Semua ide visi misinya positif, tapi kebutuhan mendesak bangsa ini sekarang, Ketahanan Nasional. Mungkin kubu Jokowi tidak begitu jelas soal ketahanan dan pertahanan. Perusahaan butuh aset, modal, bahan baku, karyawan untuk produksi. Sskarang aset dimana? Modal dimana? Bahan baku punya siapa? Karyawan ga sejahtera? Gimana bisa buat kapal. Resource dulu lah kuasain, ga usah takut hubungan internasional toh aset kita udah pegang. Nanti baru kita sekolahin yang mahal anak2 bangsa ini buat tol laut atao beli aja insinyur2 bule kalo asetnya udah dipegang…terus anak2 disekolahin yang bagus dari hasil resources itu biar mentalnya bagus.

    Suka

  19. Kalian yg menyangkal itu . . .
    Krn gak ngerti aja . . .
    Coba pahami konsepnya . . .
    Dan itu berguna tuk siapa ?
    Stabilitas kebutuhan dan harga RAKYAT NUSANTARA . . . .

    Suka

    1. bukan menyangkal,, yg sudah jadi program pemerintah yg sekarang aja JSS belum terealisasi. apalagi tol laut. pake logika aja,, memiliki angan2 boleh tapi knp tidak drealisasikan aja dulu JSS semisal JSS berhasil baru lah yg lain.

      Suka

    2. Ide nya bagus pak, tapi kalau untuk distribusi dan transportasi resource yang digali oleh asing…kasian kita dong. Kan lebih baik kuasai resource dulu stabilkan anggaran dan sumber modal sudah itu nanti baru bisa dipakai untuk orang Indonesia sendiri tol lautnya. Ini ada indikasi desakan perdagangan bebas ACFTA yg masih merugikan kalo tol laut itu dibuat enak banget asing yg pake.

      Suka

  20. Konsep Tol Laut bukanlah ide Jokowi secara murni… (clue)
    Direktur Utama PT Pelindo II RJ Lino pernah menjelaskan konsep “Pendulum Nusantara” kepada Jokowi, akan tetapi sebaiknya Jokowi bilang dong asalnya dari mana atau kelak pada saat dia paparkan kepada orang yg sudah tahu dia akan diserang dengan kata-kata “dari mana aja mas selama ini”?

    Disukai oleh 1 orang

      1. Mengenai Tol laut, penjelasannya tidak tepat, kalimat TOL = pajak/bea, untuk memasuki jalan tertentu, jadi tol laut yang bagaimana? Jokowi juga terkaget-kaget setelah dipameri permainan game itu lho yang tarik busur di Bandung, yang dikategorikan ekonomi kreatif. Lantas dengan antusian memaparkan gagasan ekonomi kreatif itu. Padahal pengembangan ekonomi kreatif sudah jalan lama. Sekarang Jokowi juga sudah lupa kebanggaannya dengan mobil SMK yang di Solo yang ternyata buatan negara Cina. Malah rencana mau buat pesawat terbang tanpa awak, tapi dia malu menjelaskan impor Bis Transjakarta. Tunggu deh debatnya mengenai pengembangan pariwisata. barangkali Jokowi bisa menjelaskan bis Transjakarta itu.

        Suka

  21. Jangan jadikan Indonesia seperti Solo atau Jakarta…
    Menyikapi harga semen di Papua hingga 1 -1,5 jt menurut Jokowi, makanya konsep Tol Laut dapat menghindari ketidak seimbangan harga-harga di Indonesia. Saya sempat dulu bertanya ke salah satu saudara saya yg tinggal di Serui Papua pada saat harga semen waktu itu dikisaran 30 ribu disana hingga 55 ribu, tapi katanya memang ada yang hingga 300 – 500 ribu dengan catatan bahwa harga melambung tinggi dikarenakan harus di supply oleh pesawat perintis dan helikopter untuk daerah pegunungan. Dan pesawat perintis serta helikopterpun tidak hanya bergerak berpindah tempat tiap hari hanya untuk mengangkut semen sebab terkadang menunggu pasokan bahan2 lainnya untuk diangkut bersamaan. Jadi konsep Tol Laut pun tetap tidak akan memperbaiki keadaan sebab faktor geografis disana yang tidak bisa disamakan seperti Jakarta atau daerah Jawa lainnya.

    Suka

      1. harga semen di beberapa daerah terpencil di Papua memang bisa mencapai 1 jt sekarang dengan catatan dibawa oleh helikopter atau pesawat perintis karena kawasannya memang terpencil dan bergunung-gunug tidak ada jalan darat.
        Ingat penyerahan kotak suara pemilihan di Papua itu menempuh jarak 2 minggu (posisi keadaan urgensi karena mengingat pemilu) dan ada yang harus ditempuh menggunakan kuda.
        Bayangkan di Jawa saja harga bensin naik seribu perak harga bahan pokok dan lainnya bisa selangit kenaikannya apalagi di Papua yang harus menggunakan helikopter dan pesawat perintis?
        hehehehe sekali lagi ini dasar pemikiran saya jika saya “Seorang Presiden”…

        Suka

    1. 2. Dalam Debat Capres Babak II. JOKOWI sebenarnya telah MEMPERMALUKAN MEGAWATI didepan publik.

      Menurut Jokowi, “harus ada pola rekrutmen politik yang baru, seperti di PDI-P. SAYA BUKAN KETUA PARTAI TETAPI SAYA DIJADIKAN CAPRES KARENA REKAM JEJAK”

      Dalam sesi berikutnya setelah JK selesai bicara, dengan ANTUSIAS
      JOKOWI bicara lagi. “CAPRES TAK HARUS DARI KETUA UMUM PARTAI. Ini tradisi baru yang harus kita mulai, sehingga yang maju adalah yang terbaik, bukan ketua partai.”

      Maksudnya JOKOWI menyindir PRABOWO-HATTA tetapi Justru sebenarnya yang kena MEGAWATI . Saya yakin MEGAWATI tersinggung dan marah besar, karena JOKOWI telah mempermalukan Ketua Umumnya sendiri.

      Mengapa? YA IYALAH KALAU KETUA UMUMNYA YANG DICAPRESKAN PASTI KALAH TELAK. SO SEKARANG SUDAH GAME OVER!

      Suka

Silahkan berkomentar cerdas...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s