Kesalahan Yang Harus Dihindari oleh Pebisnis Online

image

Bisnis online yang sukses dimulai dengan menggunakan strategi bisnis yang paling efektif, dan meminimalkan mareka yang tidak efektif dan membuang-buang uang. Berikut adalah beberapa kesalahan umum pemasaran online yang perlu Anda hindari:

1. Mentalitas “Jika Anda membangun, mereka akan datang”

Hanya karena Anda membuat sebuah situs web bukan berarti uang akan mulai mengalir masuk. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah bekerja keras untuk membangun lalu lintas, menarik pengunjung, dan mengkonversi pengunjung tersebut menjadi penjualan.

2. Tidak memperlakukan website sebagai sebuah bisnis

Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan melalui website, Anda harus mengoperasikannya sebagai sebuah bisnis. Anda harus memiliki model bisnis, cara di mana Anda bisa mendapatkan uang.
Sekarang Anda harus mulai berpikir apa yang pelanggan inginkan, dan apa yang dapat anda lakukan untuk membuat mereka kembali lagi dan lagi ke website anda.

3. Tidak mau berinteraksi sosial

Jika Anda tidak menggunakan media sosial seperti Facebook dan Twitter, Anda mungkin akan kehilangan potensi untuk berinteraksi, terllibat, dan menarik pelanggan. Ada jutaan orang di Facebook, Twitter, YouTube, dan situs jejaring sosial lainnya. Mereka berbagi, dan membicarakan produk dan jasa favorit mereka.
Memang, menggunakan media sosial dengan efektif tidaklah mudah. Tapi jika Anda melakukannya dengan benar, Anda dapat meningkatkan kesadaran dari bisnis Anda, meningkatkan wawasan Anda tentang apa yang diinginkan pasar, lebih memahami persepsi pelanggan Anda, dan mungkin bahkan meningkatkan bisnis baru Anda secara GRATIS.

4. Gagal untuk melacak dan mengukur kinerja

Waktu dan uang sangatlah berharga. Anda harus tahu mana yang berhasil dan mana yang tidak. Ketika Anda membuat sebuah keputusan tentang kampanye pasaran dan kinerja situs Anda, pastikan Anda melacaknya.

5. Salah mengartikan hasil lalu lintas (traffic)

Traffic atau Lalu lintas bukan hanya tentang angka. Anda perlu mencari orang-orang yang tertarik pada apa yang anda tawarkan. Anda dapat memiliki jutaan pengunjung, tetapi jika mereka bukan tipe orang yang cenderung tertarik pada produk yang Anda jual atau konten yang Anda tawarkan, maka jumlah itu hanya sia-sia.

6. Menempatkan semuanya dalam satu wadah

Web adalah media yang cepat berubah. Apa yang bekerja hari ini mungkin tidak akan bekerja besok. Hal ini penting agar Anda melindungi kontrak Anda dan melakukan diversifikasi. Diversifikasi sangat penting di web.

7. Pelanggan kesulitan menghubungi anda

Salah satu hal terburuk yang dapat anda lakukan di internet adalah menjadi tidak responsif dan tidak tersedia untuk pelanggan yang mencoba menghubungi anda. Pastikan kontak anda terlihat pada website. Kemudian cobalah untuk merespon email dan pertanyaan dari pengunjung secepat yang Anda bisa.

8. Tidak mau belajar

Jika anda ingin bertahan hidup, anda harus mengikuti perubahan. Kunjungi forum, ikuti para pakar di Twitter, dan membaca majalah industri Anda.

9. Tidak menanggapi pertanyaan dan email dari pelanggan

Salah satu kekecewaan dari pengguna online adalah ketika mereka tidak menerima respon dari website yang telah mereka hubungi. Pelanggan ingin mencari bisnis yang akan memperlakukan mereka begitu penting, dengan demikian, luangkanlah waktu untuk menjawab pertanyaan atau masalah.

10. Tidak memiliki situs web professional.

Website anda adalah wajah dari bisnis anda. buatlah website yang terlihat professional. Periksa ejaan konten anda, dan rutin mengunjungi halanam anda untuk memastikan apakah ada halaman yang hilang, atau link yang tidak bekerja.

11. Membuat situs yang tidak user friendly

Buatlah web Anda semudah mungkin bagi pengguna untuk menemukan apa yang mereka butuhkan. Jangan berasumsi bahwa hanya karena Anda tahu dimana Anda meletakkan sesuatunya, pengunjung Anda akan dengan mudah menemukannya juga. Buatlah navigasi langsung dan mudah bagi pengguna.

12. Tidak tahu kapan harus meminta bantuan

Menjalankan bisnis online yang sukses membutuhkan banyak pekerjaan dan usaha. Mulai dari menulis konten untuk pemasaran situs anda. Terkadang pekerjaannya membutuhkan banyak keahlian dan kadang-kadang anda tidak menguasainya. Tahu kapan anda membutuhkan bantuan dan pertimbangkan orang lain sehingga anda dapat tetap fokus pada yang Anda lakukan dengan baik.

13. Tidak memantau pesaing anda

Pesaing anda dapat memberikan banyak pelajaran yang sangat berharga. Jadi, jangan abaikan pesaing anda. Sebaliknya, pelajari dan lihat apa yang mereka lakukan. Misalnya bagaimana mereka menggunakan media sosial, media pemasaran apa yang mereka gunakan, bagaimana mereka mempresentasikan produk mereka, dan bagaimana mereka memberikan layanan pelanggan. Kemudian cobalah untuk membuat yang lebih baik atau memperbaiki apa yang mereka lakukan.

14. Mengambil jalan pintas menuju sukses

Agar konten anda berada di atas mesin pencari, anda mungkin bersedia untuk mengambil jalan pintas atau membeli link. Mengambil jalan pintas saat ini dapat berisiko bagi bisnis Anda dan mendatangkan murka mesin pencari di masa depan.

Silahkan berkomentar cerdas...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s