wpid-IMG01164-20120912-1135.jpg

POTRET JURNALIS KITA

Tadi sore saya terima sms dr seorang teman seorang jurnalis lumayan senior harian terbit di Kota Medan, sebutlah namanya Prabu. Agar gampang, sms beliau diawali inisial PR, dan sms balasan saya diawali inisial AA.

PR: Fusthun apa ya artinya rif? Mana ya partai yg komit berantas korupsi yg ktnya bersih?

(Yah…. pertanyaan garing banget sih. Lalu kujawab aja sekenanya.)

AA: Festivalisasi KPK-tainment🙂

(kayaknya temen malah panas, atau memang niat mancing keributan ya?)
PR: Apa artinya fustun dlm rekaman luthfi. Ada pula rekaman percakapan lewat hp antara fathanah dan luthfi yg minta empat puluh miliar terkait PKS Cpengimporan kuota sapi)? Apa mau ngelak? Jujur adalah jawaban satria. Belum lagi darin mumtaza. Makamya jgn bw agama kalau berpartai, karena agama gak pernah ajari untuk melakukan perbuatan yg patut diduga korupsi. Apa lg berkasnya sudah rampung. Mau baca?

(Gerah juga. Coba direspon ajalah…)

AA: Trial by court aja bang. Ga ush pk hukum rimba trial by press. Biarin aja bergulir kasusnya. Sama2 ditengok cemana endingnya. Ya kan abangnda….

(mulai keliatan kalau smsnya memang nyari perkara)

PR: Ironisnya dianggap festival lagi. Kayaknya gak tau malu ya pny partai disinyalir korupsi. Pandenya teriak bersihkan koruptor. Eh taunya petinggi partai pula yg menunjukkan contoh gak baik. Apa itu gak munafik rif?

(okelah, lu jual gue beli. ciyeee….)

AA: Abg prnh tau anggaran KPK? Uang rakyat tu buat berantas korupsi, bkn buat ngorek2 perempuan (yg katanya) simpanan. Sejak kapan KPK jd lembaga antimaksiat & tindak asusila? Hadehhh…. abg itu jurnalis. Abg adl saksi dr sebuah kejadian. Tp abg mesti ingat bahwa setiap kesaksian itu pasti akan dimintai pertanggungjawabannya. Jd aja jurnalis profesional yg nulis apa adanya, jgn cari ada apanya. Fokuslah pd ESENSI, bkn pd SENSASI. Siiippp…..

PR: Siapa pun bisa bilang sprt itu. Tp slogan partai itu lho yg berolak belakang dgn pucuk pimpinan. Ada lagi indikasi bantuan BDB di pemprovsu yg tengah kita selidiki bersama KPK. Ini baru kita tengok rif ada gak keterlibatan Gatot?

PR: Yah itu kasus aliran dananya rif. Bukan kasus wanitanya. Coba baca data yg sudah disebar ke media dari KPK. Jgn keliru justru mau dicek dugaan cuci uang. Karenanya, ini berita menarik bagi jurnalis. Knp ketakutan sekali disinggung ttg wanita. Takut kena pasal dugaan yg menikahi wanita bawah umur shg takut tersandung kasus baru lagi?

PR: Yg minta pertanggungjawaban abang itu siapa rif? Apakah Tuhan, Allah atau siapa? Apa sudah kenal sama Tuhan shg bw dalil?

(aih… mulai masuk angin nih sms-smsnya)

AA: Abg tau anak wiranto yg baru meninggal? Istrinya nama Salsabilah umurnya 15 thn. (Kl pun) DM itu dinikahi LHI, knp? Abg berarti cuman cuap2 aja. UU Perkawinan itu menulis usia min wanita menikah itu 16. Umur DM berapa? 16 boss… Itulah yg kubilang, fokus di ESENSI jgn cm SENSASI aja. Abg ngomong gitu sama org lain kasian diketawain aja. Untung cuman smsan ma aku aja:-)

AA: Kutanya sama abg, kira2 AF mau cuci uang cemana ke Ayu? Cuman 2jeti boss. KPK kok ngutip 2jeti sih. Cem betol aja. Itulah yg dibilang festivalisasi.

AA: LHI disangka TPPU? Uang apa yg dicuci? Uang 1M (yg katanya) AKAN disetor AF blm diterima, kok harta LHI pd disita? Memangnya ini negara komunis??? Ga blh ada org kaya? Aneh kan??? Tanya pakar hukum bang, cemana bs TPPU kl kejahatan asalnya aja ga ada. Nah lhooo….

PR: Soalnya masih sekolah rif. Yg dicarikan bukan kasus wanita atau kawinnya. Td abg bilang hny aliran dananya. Kok diketawai sm siapa yg ketawai. Apa gak partai yg awak duduki skrng yg diketawai?

PR: Jgn ngamuk kok emosi? Itu nyata gak terima. Kasihan ya partai besar, bawa nama agama, tp petingginya patut diduga korup. Ada buktinya transkrip pembicaraannya. Udah dapat rif atau belum?

(jiahh… aku dibilang ngamuk gara2 pimpinan partaiku dipermalukan KPK. Padahal sms-sms itu kutulis sambil main ma anak-anak.)

AA: Bg kader PKS ini biasa aja bang. Dulu waktu Nurmahmudi getol sikat illegal logging, Suripto dituduh markup pengadaan heli. GAK TERBUKTI! Tiffatul getol blokir situs porno, keluar kasus Arifinto. Drpd ribut kesana-kemari, ga pake ngeles Arifinto lgsg mundur dr DPR RI. Waktu PKS gencar usut Century, inisiator Pansus CentryGate Misbakhun dikriminalisasi, bhkn smpt dipenjara. Akhirnya? Misbakhun dinyatakan ga bersalah. Jadi buat kami biasa bgt🙂

PR: Tp bukan Lhi kan? Lain rif kali ini kita doakan aj rif agar terbukti ya rif.

Akhirnya sms terakhir ini tak kubalas. Aku menganggap gada gunanya bicara dengan orang yang butuh PEMBENARAN, bukan KEBENARAN.

Bacalah sms terakhirnya. Begitulah sosok jurnalis kita. Menjadikan opini sebagai berita, mereduksi berita menjadi opini.

Merdeka!!!

Follow me @greenterpreneur

Posted from WordPress for Android

Silahkan berkomentar cerdas...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s