Uruguay v Ghana: 2010 FIFA World Cup - Quarter Finals

Luis Suarez Diunggulkan Sebagai Kiper Terbaik Piala Dunia 2010

Lupakan Iker Casillas yang tampil heroik saat Spanyol mengalahkan Paraguay. Tinggalkan juga Manuel Neuer yang begitu hebat menahan gempuran pemain-pemain Argentina yang ditaklukkan Jerman 4-0. Kiper terbaik bukan mereka tapi Luis Suarez!

Ini bukan bercanda, juga bukan pendapat pribadi… Striker Uruguay itu dinominasikan sebagai kiper terbaik di Piala Dunia. Oleh siapa? Kiper Belanda, Maarten Stekelenburg.

Keduanya memang rekan satu tim di klub Ajax Amsterdam. Suarez tak bisa tampil saat Uruguay bertemu Belanda di babak semifinal, Rabu dini hari. Ia dijatuhi skorsing satu pertandingan setelah dengan sengaja menahan bola dengan tangan saat mengadapi Ghana di perempat final. Uruguay sendiri lolos dengan menang adu penalti.

Insiden ini masih menyisakan perdebatan. Sebagian menilai hukuman FIFA terlalu ringan, meski sebagian lagi menyebut skorsing ‘sudah cukup’ sebagai hukuman atas tindakan Suarez.

Stekelenburg bukannya ingin ikut berpolemik. Kepada De Telegraaf, Stekelenburg mengatakan ia mengirimkan pesan singkat alias SMS kepada rekannya itu:

“Saya mengirimkan SMS kepada dia. Saya katakan dia adalah kiper terbaik di turnamen ini. Saya pikir dia pantas mendapatkan trofi Lev Yashin Award (penghargan untuk kiper terbaik di Piala Dunia).”

Stekelenburg mengatakan ia gembira Suarez tak bisa bermain. Menurutnya, Suarez bisa membahayakan peluang Belanda untuk tampil di final pertama kalinya sejak 1978….

Silahkan berkomentar cerdas...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s