Haneen Za’bi Diancam Bunuh dan Dinista oleh Rekan-rekannya sesama Knesset

Anggota Knesset pun Diancam Bunuh di Israel

Parlemen Israel atau biasa disebut Knesset memutuskan untuk mengawal dan menjaga ketat anggotanya Haneen Za’bi (dari fraksi Nasional Demokrat) setelah mendapatkan ancaman pembunuhan. Dia juga menghadapi tekanan dari anggota Knesset ekstrem kanan dan ekstremis yahudi. Ini mereka lakukan setelah Haneen Za’bi ikut serta dalam Armada Kebebasan untuk Gaza.

Pejabat kantor Za’bi menegaskan, pihaknya menerima puluhan telepon dan email yang mengancam akan membunuh atau menyakiti Haneen. Bahkan sebagian lainnya berharap anggota parlemen Israel ini mati segera atau kehilangan anggota keluarganya dengan cara yang sama seperti yang dialami oleh relawan Gaza di Armada Kebebasan.

Za’bi sebelumnya mengalami kecaman dan protes keras dari barisan anggota Knesset dari sayap kanan ekstrem. Upaya kekerasan fisik pun dialami selama ia menyampaikan pidatonya Rabu (2/6)sore waktu setempat di depan Knesset. Akibatnya, terjadi keributan dalam sidang anggota parlemen Israel.

Pemandangan seperti ini belum pernah terjadi beberapa tahun terakhir di Knesset. Keributan memuncak setelah Za’bi menyebut serangan tentara Israel pada Senin lalu dan pembunuhan terhadap para relawan sebagai tindak kejahatan.

Za’bi menegaskan bahwa semua provokasi dan ancaman terhadap dirinya tidak akan menggentarkannya untuk menegakkan kewajiban nasionalismenya dan kemanusiaan. “Saya akan ikut dalam Armada Kebebasan dalam kesempatan lain meski ditekan oleh kelompok rasis Israel,” tegasnya menantang.

Za’bi (41) adalah satu dari 12 anggota parlemen Knesset Israel dari perwakilan Arab (Palestina) yang ikut dalam salah satu kapal bantuan kemanusiaan yang tergabung dalam Armada Kebebasan. Sebelumnya sempat ditahan, namun kemudian dibebaskan karena ia anggota parlemen Israel.

Sejumlah anggota Knesset yang mengkritik dan menyerangnya berasal dari fraksi Partai Kadema, Partai Buruh Israel, dan Likud. Mereka menyebut Za’bi sebagai teroris, penghianat, dan kuda binal. Mereka menyerukannya agar Za’bi diusir dari Knesset. Sebagian anggota lainnya berusaha berbuat kekerasan kepadanya.

Saat Za’bi berpidato, tiba-tiba anggota parlemen Israel dari partai Israel Betena yang masuk kelompok ekstrem kanan, Anastasia Mikhaeli, merebut mikrofon yang digunakan oleh Za’bi. Kemudian dia katakan, “Kenapa perempuan ini diperbolehkan bicara?” Sementara itu para pengawal keamanan berusaha menjauhkannya setelah sejumlah lainnya berusaha berbuat kekerasan kepadanya.

One thought on “Haneen Za’bi Diancam Bunuh dan Dinista oleh Rekan-rekannya sesama Knesset”

  1. Perjuangan Haneen Za’bi adalah perjuangan untuk melindungi warga yang tertindas. Kalau tidak salah beliau adalah seorang Arab Kristen. Ini menegaskan bahwa yang sengsara di Palestina ini semua warga–terutama kaum-kaum tak berdaya dan tak punya dukungan politik dan senjata–tanpa membedakan etnis, agama, dan kewarganegaraan. Semoga damai di Palestina cepat terwujud.

    Suka

Silahkan berkomentar cerdas...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s