Bagaimana Fan Pages Mendukung Bisnis Anda?

Meski member tidak ada keinginan membeli, komunitas yang Anda bangun bisa menguntungkan bisnis Anda.

Facebook adalah jejaring sosial, bukan jejaring belanja, jadi mengapa bisnis menghabiskan sumber dengan membangun dan memelihara Halaman Fan di Facebook? (Halaman Fan, adalah profil yang sering digunakan untuk bisnis atau organisasi daripada individu.) Karena, meski member tidak ingin membeli apapun di Facebook, hubungan yang Anda bangun dan komunitas yang Anda rintis bisa menguntungkan bisnis Anda dengan cara yang tidak terhitung.

Berikut 10 cara teratas dimana Halaman Fan Facebook bisa membantu bisnis Anda:

1. Membangun jaringan bisnis Anda di Web

Membuat Halaman Fan memberikan bisnis dan brand Anda pengenalan branding di Web, dimana prospek, pelanggan, calon karyawan, vendor, bahkan media bisa menemukan informasi mengenai perusahaan serta produk dan jasa yang Anda tawarkan. Berbeda dengan Profil personal Facebook, dimana hanya member yang bisa mengakses, Halaman Fan Facebook secara default dilihat oleh publik; dimana orang tidak perlu masuk ke Facebook untuk melihat bisnis atau brand di Halaman Page, jadi akan semakin banyak orang yang mengakses informasi yang Anda post-kan.

Tip: Untuk menghemat waktu meng-update Halaman Fan, buat RSS feed di tab Halaman Note untuk menarik entri dari blog bisnis yang sudah ada. Selama post blog Anda tidak “menjual” secara berlebihan, konten tambahan bisa diterima dengan baik.

2. Mendorong Trafik ke Website Anda

Tidak ada batasan pada Halaman Fan untuk mendorong trafik ke website. Nyatanya, Facebook mendorong Anda untuk memberikan link ke website Anda melalui Halaman Fan Anda. Mengarahkan, meski dalam porsi kecil Facebook dalam trafik harian ke website Anda akan meningkatkan jumlah trafik yang signifikan.

Tip: Mengubah member Facebook sebagai Fans, Fans menjadi pelanggan, dan pelanggan menjadi Fans dengan lintas promosi Halaman Fan dan website Anda. Berikan link Halaman Fan ke website Anda dan sisipkan widget Facebook di site Anda untuk kembali memberikan link ke Halaman Page Anda.

3. Mendongkrak SEO Anda

Google, melalui fitur baru Social Search, serta search dan decision engine sekarang membuat indeks konten yang dibuat di situs seperti Facebook, demikian juga dengan konten Halaman Fan Anda berpotensi untuk memberikan hasil search engine bagi bisnis dan brand Anda. Dengan memberikan link Halaman Fan Anda ke website Anda, Anda bisa mendongkrak Social Search untuk mengarahkan lebih banyak trafik Facebook ke situs Anda.

4. Memungkinkan Anda untuk lebih dekat dengan komunitas dengan mudah dan gratis.

Halaman Fan Facebook memberikan alternatif yang murah (gratis) untuk menerapkan penggunaan pelanggan pada situs Anda. Dalam waktu singkat, Anda bisa memiliki Halaman Page dengan branded dimana pelanggan dan brand lain bisa mempostingkan ke Wall Facebook Anda, berbagi foto dan video, mengajukan tanya-jawab, dan berinteraksi dengan Anda serta yang lainnya. Membuat dan mengelola Halaman Fan, lengkapi dengan tab Discussion, lebih mudah daripada membuat dan memonitor forum diskusi atau papan pesan pada domain Anda.

5. Langsung menghubungkan Anda dan staff ke pelanggan atau fans

Halaman Fan Facebook langsung memberikan jalur kepada Fans Anda. Anda bisa mengirim pesan pada Fans sekaligus atau membidik individu atau kelompok berdasarkan negara, bagian, kota, gender, dan bahkan rentang usia. Dengan menggunakan Events App, Anda bisa menjadwalkan event istimewa atau promosi dan kemudian mengundang Fans yang tinggal atau berdekatan dengan kota dimana acara diselenggarakan. Facebook menyediakan banyak hal dan masih banyak lagi fitur gratis untuk digunakan dalam bisnis.

6. Memperkuat hubungan pelanggan

Anda bisa memperdalam hubungan Anda dengan pelanggan secara signifikan melalui hubungan sosial daripada bisnis dan tidak menjual. Member Facebook mungkin tidak belanja di Facebook, tapi 90 persen dari mereka mengharapkan bisnis dan organisasi yang mereka ajak kerja sama memiliki Halaman Fan Facebook.

7. Menyediakan ladang pembibitan dan platform brand

Hanya 25 persen member Facebook ingin ditawari sebagai sasaran penjualan, tapi prosentase yang lebih besar adalah mereka yang mengakui mutu perusahaan atau produk pada teman-teman mereka di Facebook Friends. Membangun hubungan yang kuat dengan sejumlah member yang berpengaruh dengan banyak koneksi, dan Anda mendapatkan pengakuan brand yang tidak ternilai yang secara langsung memasarkan atau menjual atas nama diri Anda.

Tip: Saat Anda memposting update di Page’s Wall, atau saat Fan berinteraksi dengan Page Anda, interaksi ini muncul di Fan’s News Feed, mencapai Fans potensial lebih banyak (msl., Fan Facebook Friends Anda), membuat Facebook sebagai alat marketing yang berbasis online saat ini.

8. Mendengarkan dan pengamatan berpotensi untuk meningkatkan usaha Anda

Dalam setting sosial seperti Facebook, pelanggan dan prospek berbagi informasi dengan Anda dan yang lainnya terkait dengan produk dan jasa yang mereka sukai, pengalaman baik dan buruk yang mereka alami dengan bisnis atau pesaing Anda, dan kebutuhan mereka yang belum terpenuhi. Setiap kali Fan berinteraksi dengan Page Anda, Anda mendapatkan informasi yang sangat berarti.

Tip: Dengan menggunakan default, Halaman Fan Facebook mencakup Discussion tab. Membuka diskusi untuk sumber data pasar yang berharga dan ide-ide untuk meningkatkan bisnis Anda.

9. Sudah tersedia matrik yang terkait dengan ROI

Alat Page Insight di Facebook dan dashboard memfasilitasi analisa marketing dan komunikasi dengan membuka data untuk berinteraksi (Komentar, Pos Dinding, dan “Suka”); pos yang dibahas, review, dan sebutan; demografis Fan (gender, usia, lokasi/distribusi geografis); dan sebagainya. Alat ini meningkatkan kemampuan Anda untuk mengidentifikasi dan menentukan target demografis yang spesifik dan mengukur ROI.

Tip: Gunakan matrik Facebook yang powerful, bersamaan dengan informasi yang Anda kumpulkan dari Halaman Fan, untuk mengembangkan pesan kustom dan langsung berbicara mengenai kebutuhan Fan, yang disesuaikan dengan gaya komunitas, dan mendukung tujuan dan sasaran bisnis yang getok-tular.

10. Memungkinkan Anda untuk tetap berpacu dengan kompetisi yang gratis

Masih belum yakin dengan Halaman Fan? Maka pertimbangkan kompetisi. Bahkan, salah satu kompetitor Anda merilis Halaman Fan yang sukses, dimana kompetitor bisa menyudutkan pasar di Facebook dan membangun terlebih dahulu jauh sebelum Anda. Pertaruhkan klaim gratis Anda terlebih dahulu untuk menetapkan bisnis Anda sebagai pendahulu industri sebelum dilakukan oleh kompetisi.

Oleh: Mikal E. Belicove rekan penulis ‘The Complete Idiot’s Guide to Facebook’ dengan Joe Kraynak (Penguin Group USA/Alpha Books, 2010), dan sebagai ahli strategi bisnis dengan spesialisasi pengembangan, analisa pasar, dan penyampaian/penempatan individu dan bisnis di semua ukuran. Buku terbaru Belicove, ‘2009 Internet Directory: Web 2.0 Edition’, tersedia di berbagai toko buku, dan Anda bisa membaca kolom bulanan di marketing media sosial dan promosi website, manajemen, kemampuan yang digunakan, dan desain di majalah Entrepreneur.


4 thoughts on “Bagaimana Fan Pages Mendukung Bisnis Anda?”

Silahkan berkomentar cerdas...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s