Facebook Teratas Dunia, Kaskus Teratas di Indonesia

Menurut data riset Google Doubleclick AdPlanner yang dirilis per April 2010,Facebook (facebook.com) menjadi situs yang paling sering dikunjungi pengguna Internet di seluruh dunia. Sementara Kaskus menjadi situs lokal yang paling sering dikunjungi pengguna Internet di Tanah Air.

Pada data tersebut, Google memaparkan 1.000 situs Web yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia. Facebook, situs jejaring sosial terbesar asal California itu, mencatat kurang lebih 540 juta orang (unique visitor) yang hilir mudik di halamannya tiap bulan.

Untuk diketahui Google Doubleclick AdPlanner bermaksud membuat laporan berisi data-data situs terpopuler sebagai bahan pertimbangan bagi para pengiklan untuk menaruh iklan mereka. Dalam riset ini, Google tidak turut serta dalam daftar.

Selain mencatat jumlah pengguna yang mencapai 540 juta secara global, Facebook juga dilaporkan mampu membukukan pageview atauvisits (kunjungan) hingga 540 miliar per bulan.

Bertengger di peringkat dua, salah satu situs portal Web terbesar di dunia, Yahoo!(yahoo.com). Situs mesin pencari yang besar di dunia maya sejak tahun 1995 ini dikunjungi sekitar 490 juta orang dan meraih pageview 70 miliar setiap bulannya.

Sementara di peringkat ketiga terdapat situs mesin pencari Live (live.com). Situs yang dikembangkan Microsoft dan diluncurkan pada lima tahun lalu ini mendapat kunjungan 370 juta penggunanya dan meraih pageview 39 miliar per bulan.

Tak kalah menarik untuk diketahui, Wikipedia.org menjadi situs non-profit terbesar di dunia yang sukses besar tanpa iklan hingga hari ini. Bertumbuh kembang sejak Januari 2001, Wikipedia kini memiliki 310 juta pengguna di seluruh dunia dengan pageview mencapai 7,9 miliar tiap bulan.

Dari daftar tersebut, forum komunitas online terbesar di Indonesia, Kaskus (kaskus.us), menjadi situs lokal yang paling dikunjungi pengguna Internet global. Kaskus, yang bertengger di peringkat 755, mendapat kunjungan dari 5,1 juta orang setiap bulannya, dengan pageview 170 juta.

Kaskus adalah situs forum internet yang didirikan oleh tiga mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat: Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan pada 1999. Awalnya situs ini didirikan sebagai medium pelepas rasa kangen para mahasiswa Indonesia di luar negeri.

Belakangan, situs ini berkembang menjadi komunitas online terbesar di Indonesia, dengan jumlah pageviews yang diklaim Kaskus mencapai 15 juta per hari. Lebih dari 140 juta post dibuat di forum ini.

Berikut 10 situs global teratas yang paling sering dikunjungi versi Google Doubleclick AdPlanner:
1. facebook.com (jejaring sosial)
2. yahoo.com (portal Web)
3. live.com (mesin pencari)
4. wikipedia.org (ensiklopedia)
5. msn.com (portal Web)
6. microsoft.com (piranti lunak)
7. blogspot.com (layanan blog)
8. baidu.com (portal Web)
9. qq.com (e-mail & messaging)
10. mozilla.com (browser).

One thought on “Facebook Teratas Dunia, Kaskus Teratas di Indonesia”

Silahkan berkomentar cerdas...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s