Eee Pad, Pesaing Baru iPad

Vendor komputer asal Taiwan Asustek akhirnya bergabung juga dengan beberapa vendor lain untuk membuat tablet komputer semacam iPad.

Menurut laporan dari media Taiwan Digitimes yang dikutip dari CNet, vendor yang menjaid pionir atas kelahiran netbook itu bakal mengumumkan tablet komputer barunya di ajang ekshibisi komputer tahunan Computex, yang bakal digelar di Taipei pada Juli mendatang.
Asus memang sudah sering menjadikan pameran Computex sebagai momen penting untuk peluncuran produk andalannya. Pada Computex 2007, Asus meluncurkan produk netbook pertama di dunia, yang kemudian diikuti jejaknya oleh mayoritas vendor komputer.

Kepada Forbes, Chairman Asustek Jonney Shih, mengutarakan rencana mereka untuk setidaknya merilis dua jenis komputer tablet. Namun, Asus tak akan berhenti membuat netbook, yang punya andil besar dalam pertumbuhan Asus selama dua setengah tahun belakangan.

“Netbook adalah kombinasi terbaik antara komputer personal dengan cloud computing. Tapi antara netbook, smartphone, dan e-reader saya pikir ada ruang bagi komputer tablet atau slate PC,” kata Shih.

Menurut Shih, tablet Asus nantinya akan menjalankan software Google, seperti sistem operasi open-source operating, Chrome, atau sistem operasi mobile, Android. Tablet lainnya masih tetap akan menjalankan platform Microsoft Windows.

Seperti halnya iPad, tablet Asus akan menitikberatkan pada kemampuan multimedia. “Konten akan memainkan peran yang sangat penting di tablet ini,” kata Shih.

Banyak yang mengatakan bahwa tablet Asus nanti bakal digelari dengan nama Eee Pad, sebagaimana produk-produk konsumer Asus lain, seperti Eee PC (netbook) atau Eee Top (desktop).

Asustablet, blog yang khusus membahas tablet Asus, memuat perkiraan spesifikasi yang lebih lengkap bagi tablet Eee Pad nantinya. Menurut blog itu, Eee Pad akan membesut sistem operasi Android, mendukung Adobe Flash, berlayar kapasitif 7 inci multisentuh dengan resolusi 1024×786.

Ia diotaki oleh CPU ARM, memiliki graphics accelerator NVidia Tegra, sehingga mampu memainkan video berdefinisi tinggi 1080p, berkapasitas simpan flash 64 GB, kamera internal 1,3 MP, mendukung koneksi HSDPA dan WiFi a/b/g/n, A-GPS, serta memiliki dua colokan USB.

Adapun tablet versi Windows Asus akan membesut sistem operasi Windows 7. Diperkirakan, Asus akan membanderol Eee Pad dengan harga yang tak beda dengan harga iPad, yakni sekitar US$ 499 atau Rp 4,5 juta.

sumber: vivanews.com

Silahkan berkomentar cerdas...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s